Assalamualaikum
Sebelumnya saya telah menulis tentang belajar java yaitu materi tentang Operator , namun disana kita hanya menggunakan metode mendeklarasikan value dari variable secara langsung ketika kita membuat koding nya. Namun disini akan lebih berbeda karena kita akan melakukan inputan ketika program kita dijalankan , atau biasa kita sebut dengan mendapatkan input dari keyboard. Untuk mendapatkan input data dari keyboard ada banyak cara salah satunya yang menggunakan mode CLI atau di consule contohnya Scanner , ada juga kita menggunakan mode GUI yang memiliki tampilan lebih elegan namun akan kita bahas di tulisan selanjutnya. Dan disini sesuai judul yang telah saya paparkan di atas kita akan melakukan input data dari keyboard menggunakan BuffereReader dan try catch untuk memeriksa errornya. Jadi itu sekedar gambaran untuk cara input data dari keyboard. Sekarang kita ke pokok pembahasan.
Pertama yang harus kita pahami adalah , apa sih yang di maksud dengan BuffereReader?
Jadi buffereReader adalah sebuah class yang berada pada java.io package. Java Aplication Programing ( API ) berisi banyak class yang sudah di definisikan sebelumnya yang dapat di gunakan untuk program yang kita buat dan class – class tersebut di simpan di dalam packages.
Melakukan praktik dengan di netbeans
1. Buka netbeans kalian
2. Lalu buat project baru dengan mengklik icon project seperti di bawah ini
3. Lalu klik next seperti biasa kemudian beri nama BelajarBufferedReader lihat pada gambar di bawah lalu hapus centang pada create Main Classnya. Dan klik Finish jika sudah selesai
4. Kemudian buat java class sebagai berikut
Lalu beri nama GetInputFromKeyboard kemudian finish jika sudah selesai
5. Sekarang kita telah selesai membuat java class waktunya kita menambahkan class BufferedReader ,InputStreamReader dan IOException yang berada di class java.io package. Jadi pertama kita tulisakan 3 class tersebut tepat di atas java class GetInputFromKeyboard lihat gambar berikut :
6. Kemudian di dalam java class kita buatkan main method supaya program kita bias di jalankan.
public static void main(String[] args) {
}
7. Kemudian Dalam statemen kita akan mendeklarasikan varibel bernama InputData dengan tipe class BufferedReader. Lihat pada gambar
( lihat di baris 9 )
8. Lalu kita akan membuat variable baru lagi bernama nama dengan tipe data String , variable ini nanti berfungsi untuk menyimpan data yang di inputkan oleh user. Lihat gambar
( lihat pada baris 11)
9. Selanjutnya kita akan membuat sebuah output berupa perintah untuk user. Dengan menggunakan kode berikut :
System.out.print("Masukkan nama : ");
Lihat gambar pada baris ke 13
10. Kemudian kita akan membuat try catch nya dengan kode sebagai berikut
try {Lihat gambar berikut di mulai dari baris ke 16
nama = InputData.readLine();
} catch (IOException e) {
System.out.println("Error !");
}
nama = InputData.readLine();
kodingan diatas untuk berfungsi untuk memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user kemudian di simpan di variable nama
11. Kemudian yang terahir kita akan membuat output dari program kita tersebut seperti biasa kita lakukan . koding outout di tulis di luar try catch nya
lihat pada gambar berikut pada baris ke 22
Dan apabila program di atas kita jalankan lihat gambar berikut
Program menyuruh saya untuk memasukkan nama sesuai dengan perintah yang kita tulis di koding program tadi . lalu saya meng inputkan nama saya yaitu “ Roby “ tanpa tanda petik lalu saya tekan enter dan berikut hasilnya :
Dan program yang kita buat telah selesai berikut kodingan secara utuh supaya kalian tidak bingung
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class GetInputFromKeyboard {Cukup mudah bukan ?? jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar
public static void main(String[] args) {
BufferedReader InputData = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String nama = "";
System.out.print("Masukkan nama : ");
try {
nama = InputData.readLine();
} catch (IOException e) {
System.out.println("Error !");
}
System.out.println("hello .. " + nama);
}
}
Sekian untuk kali ini . terimakasih semoga bermanfaat.