Thursday, October 6, 2016

Praktikum Pertemuan kedua di Lab RPL 1 STMIK Bumigora mataram || Algoritma pemrograman java Belajar tipe data

Assalamulaikum ...

Hari ini di praktikum di lab RpL 1stmik bumigora kami menyampaikan materi tentang Tipe data , kita mulai dari tipe data String sekaligus melanutkan pemahaman mereka  tentang program yang telah mereka buat yaitu Program HELLO WORD , saya yakin kita pasti pernah bertemu dengan progrsm yang satu ini .

Seperti berikut jalannya praktikum di lab

sorce code System.out.println("hellow word");  berfungsi untuk menampilkan text di consule netbeans. text yang akan di tampilan dalam sorce code di atas adalah hellow word . tanda " " yang mengapit pesan hellow word tersebut menandakan bahwa itu merupakan tipe data String . 

String berisi kumpulan kata karakter dan sebagainya jadi apapun yang kita  tulis di antara tanda " ... " akan di tampilkan apa adanya di consule netbeans nanntinya.
 jadi String bisa di gunakan sebagai keterangan sekaliguas bisa di jadikan sebagai tipe data  dari sebuah variable.

sekarang kita akan coba menampilkan data diri kita hanya menggunakan tipe data String. di asumsikan sudah tau tentang class dan main method yang menjadi syarat untuk memulai menulis source code ketika kita masih bermain dengan java prosedural.


public class DataDiri {
   
    public static void main(String[] args) {
       
        //mendeklarasikan variable
        String nama,alamat,umur;
       
        //input data
        nama = "Roby Huzwandar";
        alamat = "kuta lombok tengah";
        umur = "70";
       
        //output data
        System.out.println("Nama : " +nama +"\n"
                + "Alamat : " +alamat +"\n"
                + "Umur : "+umur);
       
       
    }
   
}
dari sorce code di atas sudah sangat jelas karena sudah saya beri keterangan .
pertama kita deklarasikan tipe datanya atau dalam bahasa awamnya kita daftarkan penampung penampung yang akan kita pakai supaya program kenal dengan variable - variable yang kita gunakan karena jika variable belum di kenalkan maka akan terjadi eror. jadi harus di daftarkan dulu varible - variable yang akan kita pakai nanti.

kemudian setelah variable atau penampung telah selese di daftarkan atau di deklarasikan maka varible siap di gunakan. 
setelah itu karena varibale fungsinya untuk menampung data waktunya untuk memberi value atau mengisi data atau menginput data ke variable .

kemudia data yang sudah kita inputkan itu di tampung di variablenya lalu untuk menampilkan data - data tersebut kita panggil nama variable nya seperti dalam keterangan //outpud data di atas .

di sana di gunakan fungsi dari System.out.println(""); seperti biasa source kode tersebut di gunakan untuk menampilkan data. lalu kemudian di sana tedapat kode "\n" yang berfungsi untuk memberi baris baru atau enter . kemudian karena Strign bisa di jadikan keterangan sekaligus tipe data , jadi di sana kita memanfaatkan fungsi String untuk memberi keterangan supaya outputnya nanti memiliki keterangan yang jelas seperti berikut apabila program tersebut di jalankan




tampilan di atas adalah hasil dari program yang kita buat tadi apabila kita jalankan.

System.out.println("Nama : " +nama +"\n"
                + "Alamat : " +alamat +"\n"
                + "Umur : "+umur);

Nama :
Alamat :
Umur :

text di atas adlah hasil keterangan yang ita buat yang kita apit dengan tanda " " sedangkan

Roby Huzwandar
kuta lombok tengah
70

adalah hasil atau nilai dari varible yang kita taruh di luar tanda " " .

jadi konsepnya, text yang kita taruh di dalam tanda " " itu sifatnya bebas karena itu sekedar keterangan saja tidak berpengaruh pad program yang kita buat. Sedangkan text yang di luar tanda " " itu sifatnya tidak bisa di rubah, haris sama dengan nam variable yang kita buat,

Logika Algoritmanya :



jadi setelah kita membuat varibel atau setelah kita mendeklarasikan variblenya, kita panggil variable  tersebut utuk kita isi, setelah variable tersebut kita isi kita panggil lagi variable tersebut untuk kita tampilkan .setelah itu baru kita jalankan dan di tampilkan hasil dari program yang kita buat tadi. jadi variable yang kita buat dari atas sampai bawah harus sama, tidak boleh ada yang berbeda baik itu dari huruf besar maupun huruf kecilnya.

jadi seperti itulah alurnya , cukup mudah bukan ?
Sekian dan terimakasih ..

Comments
1 Comments

1 komentar

How to withdraw your winnings in a single bet | JTM Hub
Find out 부천 출장마사지 how to make money betting on soccer, 상주 출장안마 basketball, 통영 출장안마 baseball, and hockey. Click 용인 출장마사지 here to find out how to place the money 구미 출장안마

SIlahkan Berkomentar yang sopan
EmoticonEmoticon